HUBUNGAN KARAKTERISTIK PENDERITA STROKE DENGAN KETAHANAN HIDUPNYA YANG DIRAWAT DI RUANGAN UNIT STROKE RSUD

ABSTRAK

by. Nelis Mawarni

Stroke merupakan semacam penyakit yang mengakibatkan tingkat kelumpuhan dan kematian tinggi. Antara 10 dan 20 persen penderita akan meninggal dunia pada hari pertama setelah mengalami stroke, 25-33 persen penderita meninggal dalam waktu 3 pekan setelah  terserang penyakit tersebut, dan tingkat kematian akan menurun setelah  3 pekan. Hanya 15 sampai 40 persen penderita stroke dapat bertahan hidup dalam 5 tahun. Sedangkan 75 persen penderita akan menjadi cacat seumur hidup. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan karakteristik penderita stroke dengan ketahanan hidupnya yang dirawat di ruangan unit stroke Rumah sakit Umum Daerah Dr.M Yunus Bengkulu Tahun 2008.

Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik, pelaksanaan penelitian ini dilakukan di ruangan unit stroke Rumah sakit Umum Daerah Dr.M Yunus Bengkulu dan sample dalam penelitian ini adalah total sampling.

Dari hasil penelitian ditemukan bahwa penderita stroke mempunyai ketahanan hidup sesudah satu tahun berjumlah 171 orang (91%), sebelum satu tahun 17 orang (9%). Penderita stroke mempunyai umur > 50 tahun berjumlah 130 orang (69,1%), <50 tahun 58 orang (30,9%). Penderita stroke berjenis kelamin laki-laki berjumlah 109 orang (58%), perempuan 79 orang (42%). Penderita stroke menderita stroke Non Hamorragik berjumlah 132 orang (70,2%), stroke Hemorragik 56 orang (29,8%). Penderita stroke tidak menderita diabetes melitus berjumlah 134 orang (71,3%), menderita diabetes melitus 54 orang (28,7%). Penderita stroke menderita hipertensi berjumlah 118 orang (62,8%) tidak tidak menderita hipertensi 70 orang (37,2%). Terdapat hubungan antara ketahanan hidup dengan umur pada penderita stroke, terdapat hubungan antara ketahanan hidup dengan jenis kelamin pada penderita stroke, terdapat hubungan antara ketahanan hidup dengan jenis stroke pada penderita stroke, terdapat hubungan antara ketahanan hidup dengan diabetes mellitus pada penderita stroke, terdapat hubungan antara ketahanan hidup dengan hipertensi pada penderita stroke di ruang unit stroke Rumah Sakit Umum Daerah Dr. M. Yunus Bengkulu (p value).

Diharapkan kepada perawat ruangan agar memberikan pendidikan kesehatan kepada penderita stroke agar penyakit yang diderita tidak menjadi lebih parah

Kata kunci : Karakteristik Penderita Stroke, Ketahanan Hidup.

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Situs http://lubmazreserach.wordpress.com.

cell phone 081273221213

Diterbitkan oleh Hadi Saputra, SKM., M.Si.

Hadi Saputra, SKM, M.Si anak dari Alm Subhan Rubama dan Azizah mempunyai seorang istri bernama Harpi Nusanti, SKM dan Empat orang anak perempuan yang bernama Lubna Afiyah, Mazaya Afifah, Alilah Afiqah, dan Alayyah Afinah Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik S2 Ilmu Administrasi Universitas Bengkulu.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.