FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUNJUNGAN ANTENATAL CARE DI PUSKESMAS DUSUN TENGAH

ABSTRAK

By. Arnensi

Masih rendahnya kunjungan antenatal care, salah satunya disebabkan karena pemahaman tentang pedoman Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) khususnya kunjungan pemeriksaan kehamilan masih kurang, sehingga masih ditemukan ibu hamil yang tidak patuh melakukan kunjungan pemeriksaan kehamilan secara teratur. Survey awal yang dilakukan peneliti dengan cara melakukan kunjungan rumah kepada 5 orang ibu hamil trimester III (7-9 bulan) di wilayah kerja Puskesmas Dusun Tengah, diketahui dari 5 orang ibu hamil tersebut 3 (tiga) orang diantaranya belum pernah memeriksakan kehamilannya ke tenaga kesehatan, sedangkan dua orang lainya hanya 1 (satu) kali memeriksakan kehamilannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sikap dan paritas ibu terhadap kunjungan antenatal care di Puskesmas Dusun Tengah Kabupaten Seluma

Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan rancangan penelitian  Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu yang pernah melahirkan dan mendapat pelayanan kesehatan di tempat pelayanan kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Dusun Tengah kabupaten Seluma. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling.  Analisa data dilakukan secara bertahap, yaitu analisis univariat dan bivariat menggunakan uji statistik Chi Square dengan batas kemaknaan p= 0,05.

Hasil analisis uji statistik chi square di dapat nilai P Pengetahuan sebesar 0.005, Sikap sebesar 0.008 dan Paritas sebesar 0.005 < dari 0.05. Maka terdapat hubungan yang signifikan antara Pengetahuan, Sikap dan Paritas dengan Kunjungan ANC di Puskesmas Dusun Tengah Kabupaten Seluma.

Bagi petugas Puskesmas Dusun tengah hendaknya memberikan tambahan informasi tentang kunjungan ANC khususnya masalah kunjungan pemeriksaan kehamilan dan tempat pemeriksaan kehamilan yang baik, sehingga target nasional kunjungan ibu hamil (K1 dan K4) dapat tercapai.

Kata Kunci : pengetahuan, sikap, paritas

Terima Kasih telah Berkunjung Ke situs https://lubmazresearch.wordpress.com

Contact person. 081273221213

Diterbitkan oleh Hadi Saputra, SKM., M.Si.

Hadi Saputra, SKM, M.Si anak dari Alm Subhan Rubama dan Azizah mempunyai seorang istri bernama Harpi Nusanti, SKM dan Empat orang anak perempuan yang bernama Lubna Afiyah, Mazaya Afifah, Alilah Afiqah, dan Alayyah Afinah Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik S2 Ilmu Administrasi Universitas Bengkulu.

8 tanggapan untuk “FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUNJUNGAN ANTENATAL CARE DI PUSKESMAS DUSUN TENGAH

  1. ass,,,bos Q mhsiwa fkm 07…jd sekarang aku mw bikin sripsi yg hampir sama dengan ini,,,,,mohon bantuan y,,,gmn aku bs mendapatkan y……

    Suka

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.